Penguasaan Android atas pasar mobile selalu meningkat di berbagai riset. Dengan kata lain Android boleh jadi telah mengungguli iOS yang dijalankan di iPhone, iPad dan iPod touch. Namun tentu saja Anda tidak boleh berpaku hanya pada hasil riset tersebut.
Liburan Thanksgiving (Kamis, 28 Nov) dan Black Friday yang berlangsung di AS pekan lalu tampaknya cukup bisa mementahkan teori mengenai penguasaan Android di pasar mobile. Hal itu tak lepas dari besarnya nilai belanja para pengguna iOS dan Android devices yang dicatat IBM dan Adobe pada liburan kemarin.
Menurut IBM, selama masa liburan Thanksgiving tahun ini telah terjadi jutaan transaksi dan data yang jumlahnya mencapai digit terabyte. Transaksi dan data tersebut tercatat berasal dari sekitar 800 situs toko ritel yang ada di AS. Namun ada yang menarik dari data IBM tersebut:
Liburan Thanksgiving (Kamis, 28 Nov) dan Black Friday yang berlangsung di AS pekan lalu tampaknya cukup bisa mementahkan teori mengenai penguasaan Android di pasar mobile. Hal itu tak lepas dari besarnya nilai belanja para pengguna iOS dan Android devices yang dicatat IBM dan Adobe pada liburan kemarin.
Menurut IBM, selama masa liburan Thanksgiving tahun ini telah terjadi jutaan transaksi dan data yang jumlahnya mencapai digit terabyte. Transaksi dan data tersebut tercatat berasal dari sekitar 800 situs toko ritel yang ada di AS. Namun ada yang menarik dari data IBM tersebut:
“Rata-rata pengguna iOS mengeluarkan $127,92 per transaksi di perayaan Black Friday dibanding $105,20 per transaksi yang dikeluarkan pengguna Android. Traffic [data internet] dari iOS mencapai 28,2% dari keseluruhan traffic, dibanding 11,4% dari Android. Penjualan [perangkat] iOS mencapai 18,1% dari seluruh penjualan online dibanding 3,5% untuk Android.”
Hasil data IBM tentu saja mengagetkan, terutama bagi Anda yang selalu mengikuti hasil survei lembaga analisa pasar comScore yang mengatakan Android telah menguasai sedikitnya 52% dari seluruh pasar smartphone sementara iOS menguasi 42% saja.
Senada dengan IBM, Adobe juga melaporkan hal serupa. Menggunakan analytics tool yang dimilikinya, Adobe melacak adanya 400 juta kunjungan ke lebih dari 2000 situs ritel di AS pada masa liburan Thanksgiving dan Black Friday kemarin.
Senada dengan IBM, Adobe juga melaporkan hal serupa. Menggunakan analytics tool yang dimilikinya, Adobe melacak adanya 400 juta kunjungan ke lebih dari 2000 situs ritel di AS pada masa liburan Thanksgiving dan Black Friday kemarin.
“Perangkat berbasis Android melakukan transaksi online senilai lebih dari $543 juta, dengan iPad menguasai 77% dari seluruhnya. Perangkat berbasis Android membelanjakan $148 juta di transaksi online atau 4,9% dari total belanja online via mobile.
...iPad menjadi sumber mayoritas penjualan online dengan nilai transaksi $417 juta sementara iPhone menyumbang $126 juta. Sebagai perbandingan, ponsel berbasis Android menyumbang $106 juta, tablet Android menghasilkan $42 juta dalam belanja online di perayaan Thanksgiving dan Black Friday.”
Fakta di atas tentu saja cukup unik karena sekalipun Android telah menjadi OS terpopuler sejagat raya tetapi bisa dilihat bagaimana penggunaannya yang tidak optimal. Dengan kata lain, penguasaan sebuah mobile platform di pasar smartphone belum tentu sebesar penggunaan platform dalam kegiatan sehari-hari.
Posting Komentar Blogger Facebook