DwiCORP.

0
Penjualan Tablet akan Lampaui Laptop Tahun Ini, untuk Pertama Kali

Setelah berhasil mengalahkan popularitas komputer desktop kini tampaknya tablet akan segera melibas mobile PC alias laptop. Dalam laporan riset terbarunya, Strategy Analytics (SA) menyebut untuk pertama kali pengiriman tablet akan mampu mengalahkan jumlah pengiriman laptop di tahun 2013.

Dalam laporan riset berjudul “Kanibalisasi Perangkat Komputassi Mobile: Game Telah Berubah,” SA memprediksi pengiriman tablet di tahun 2013 akan mencapai 231 juta unit. Di sisi lain pengiriman mobile PC dari produsen ke pasar hanya akan mencapai 186 juta unit. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2017.
“Tablet telah tertanam dalam pola pikir masyarakat dan sekarang dipandang sebagai salah satu perangkat kunci bagi konsumen yang ingin melakukan tugas-tugas komputasi pada perangkat mobile. Akibatnya, arsitektur prosesor, sistem operasi dan faktor bentuk tablet memainkan peran dominan dalam ruang MCD”, kata Matt Wilkins, Direktur Tablet & Wearables seperti yang tertulis dalam laporan penelitian terbaru SA.
Sementara Apple, Google dan Microsoft berusaha keras memenangkan pasar mobile computing; SA melihat Google masih terus berada di posisi atas dengan penguasana pasar mencapai 40% di tahun 2017 nanti.

Dalam studi yang sama SA juga menjelaskan bahwa pengaruh munculnya tablet pada pasar laptop sangat bisa dilihat. Hal itu terutama dipicu dengan rilisnya tablet 2-in-1 yang bisa digunakan sebagai tablet atau laptop dengan pemasangan keyboard dock. Desain bentuk baru itu dilihat SA sebagai inovasi paling menarik selama sejarah PC. Tak heran jika semakin banyak konsumen yang memilih tablet 2-in-1 daripada harus membeli laptop yang cenderung tidak praktis karena lebih berat dan keterbatasan konektivitas.

Penjualan Tablet akan Lampaui Laptop Tahun Ini, untuk Pertama Kali

Posting Komentar Blogger

 
Top