Facebook baru saja meluncurkan pencarian berbasis sosial, Graph Search, di jejaring sosialnya. Sewaktu Graph Search diperkenalkan, banyak yang memprediksi bahwa Facebook berusaha menyaingi mesin pencari Google.
CEO Google, Larry Page, tampaknya tidak khawatir dengan keberadaan Facebook Graph Search. Page sempat ditanya soal Graph Search dalam pertemuan dengan investor sewaktu mengungkap laporan keuangan Google di kuartal empat 2012. Tapi sepertinya Page tidak mau menyinggung soal Facebook Graph Search, dan terus menyebut keunggulan layanan Google.
Saat ditanya tentang mesin pencari, maka menurut Page Google memiliki misi. "Untuk mengatur informasi yang dimiliki dunia agar mudah diakses dan bermanfaat," ucap Page, dilansir dari laman The Next Web, Rabu (23/1/2013). Layanan itu pun termasuk aplikasi mobile, desktop, dan Google Maps.
Page melanjutkan, mesin pencari yang sempurna adalah yang tahu apa yang harus dicari dan diinginkan pengguna. Google pun berusaha menciptakan ini dengan menghadirkan Knowledge Graph. Layanan Knowledge Graph memang masih dalam tahap awal. Tapi perkembangannya sudah menyebar ke berbagai negara, "baru 1 persen dari apa yang kami harapkan," ucap Page.
Secara umum, Larry Page merasa percaya diri dengan mesin pencari Google. "Kami sangat yakin dengan bisnis inti kami terkait pencarian dan memberikan informasi ke orang-orang," tutur Page.
Sebelumnya, dalam sebuah wawancara kepada Wired, Larry Page mengaku bahwa Facebook memang kuat di bidang media sosial. Tapi Facebook dinilai Page, "melakukan hal yang sangat jelek dengan produknya". Karena itu Google masih yakin bisa mendominasi mesin pencari.
Sebaliknya, Facebook memang terlihat tidak ingin bekerja sama dengan Google. Dalam sesi tanya-jawab saat peluncuran Graph Search, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan kendala itu terkait kebijakan privasi.
Zuck menyebut Google tampak tak ingin mengubah algoritme pencarian. Dengan demikian, jika pengguna Facebook sudah menghapus status atau foto di wall Facebook, maka itu akan tetap ada di server Google.
Facebook cenderung memilih mesin pencari Bing buatan Microsoft. Menurut Guardian, kerjasama Facebook dengan Microsoft sudah dilakukan sejak 2010
Posting Komentar Blogger Facebook