DwiCORP.

0
Tips Booting ke Safe Mode di Ponsel Android

Ponsel Android Anda makin lama makin lamban, dan masalah tersebut masih belum juga selesai bahkan ketika Anda telah melakukan settings reset serta reboot berulang kali? Salah satu penyebab utama dari masalah tersebut adalah junk file atau cache file di ponsel Anda sudah penuh, dan satu-satunya cara adalah menghapus file-file tersebut.
Namun hal tersebut juga tak semulus rencana semula, karena kadang untuk sekedar mengakses pengaturan aplikasi di halaman settings saja ponsel Anda tetap lambat dalam memprosesnya. Jika hal ini sering terjadi, jangan terburu nafsu untuk melakukan factory reset di ponsel Anda, karena ada cara lain untuk menghapus file-file tak berguna tersebut, atau bahkan menghapus aplikasi yang Anda curigai merupakan penyebab utama dari lambannya performa ponsel: booting ke Safe Mode.
Bagi Anda yang kurang familiar dengan fitur safe mode, fitur ini akan menonaktifkan berbagai macam aplikasi tak penting di ponsel dan menjalankan fungsi-fungsi inti saja. Mirip seperti di komputer Windows, begitu Anda memasuki mode ini, maka berbagai aplikasi akan tampak hilang dari app drawer. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Android memang menonaktifkannya untuk sementara agar Anda leluasa mengakses halaman settings dan menghapus file/aplikasi yang Anda curigai membuat ponsel Anda menjadi lambat.
Untuk mengaksesnya, ada 2 cara mudah:
1. Untuk ponsel dengan OS Android 2.3 Gingerbread ke bawah dan menggunakan removable battery, cukup tekan tombol power selama beberapa detik dan nantikan munculnya opsi booting ke Safe Mode, atau
2. Reboot ponsel, dan ketika muncul logo ponsel pada proses booting, langsung tekan tombol volume up/down berkali-kali sampai Anda tiba di homescreen. Proses booting ke Safe Mode ini bakal sedikit lebih lama, jadi tak perlu khawatir jika ponsel Anda terkesan lebih lamban. Jika proses tersebut berhasil, maka di pojok kiri bawah akan muncul tulisan Safe Mode. Jika proses ini gagal, ulangi dari awal.
Perlu dicatat bahwa khusus untuk ponsel buatan HTC, pengguna harus mematikan fitur Fast Boot terlebih dahulu untuk bisa mengakses Safe Mode. Caranya mudah, cukup akses halaman Settings, pilih opsi Power, lalu hilangkan centang dari pilihan Fast Boot. Setelah selesai, Anda baru akan bisa memulai proses booting ke Safe Mode.

Posting Komentar Blogger

 
Top