DwiCORP.

0
Android Mulai Susul iOS Berkat Freemium Game

Mana yang lebih populer di kalangan gamer mobile, iOS atau Android? Distimo, platform analitis aplikasi telah melakukan sebuah riset dan menemukan bahwa Android hampir mendekati iOS untuk urusan gaming apps. Apa yang membuat Android mulai mengejar ketertinggalan? Tak lain adalah karena “freemium game” yang ditawarkan.  

Bulan lalu 200 game Android berhasil terjual sebanyak $12 juta per hari. Angka ini naik dari tahun lalu, di mana top 200 game menghasilkan $3,5 juta pendapatan harian. Meski cukup tinggi tetapi top 200 iOS games masih menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. 

Menurut Distimo, iOS game berhasil meraih $18 juta per hari pada bulan November 2013. Perlu dicatat pula bahwa meski jumlahnya melampaui pendapatan Android, namun peningkatan yang berhasi dibuat tidak terlalu besar dari $15 juta yang dihasilkan tahun lalu. 

Sementara game iOS menunjukkan peningkatan 20% per hari selama setahun terakhir, game Android menghasilkan pendapatan yang melonjak 342% selama periode waktu yang sama. Siapa penyumbang terbesar untuk game Android ini?

Gamer dari Jepang dan Korea Selatan tercatat sebagai pihak yang paling banyak menghabiskan uang mereka untuk game Android, melampaui game iOS. Di Korea Selatan, pendapatan Android melonjak 759% sementara Jepang memang merupakan negara dengan belanja aplikasi terbesar

Sebagian besar pendapatan dihasilkan dari freemium games, yaitu game yang dapat didownload dan diinstal secara gratis, tetapi mengharuskan gamer untuk membeli in-app untuk special power. Contoh yang sangat populer adalah Candy Crush Saga. Bagaimana dengan Anda, seberapa banyak uang yang Anda habiskan untuk game mobile?

Android Mulai Susul iOS Berkat Freemium Game

Android Mulai Susul iOS Berkat Freemium Game

Posting Komentar Blogger

 
Top