DwiCORP.

0
Diblokir Pemerintah China, Nilai Bitcoin Merosot Tajam

Fenomena Bitcoin semakin meluas. Tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi tetapi uang digital tersebut telah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan pembiayaan tak lepas dari kemudahan yang ditawarkan.

Hal serupa tampaknya berkembang sangat luas di China. Bahkan maraknya penggunaan Bitcoin sempat memicu sebuah penipuan yang dilakukan oleh sebuah kantor investasi abal-abal yang berhasil membawa lari ribuan dollar milik para investor. Karena maraknya kejahatan yang menggunakan uang digital Bitcoin itulah pihak Bank Sentral China memerintahkan penghentian layanan tukar Bitcoin.

Hal itu seperti yang tertulis dalam laporan China Business News, yang tak lain adalah kantor pemberitaan milik pemerintah kota Shanghai. Lebih jauh mengenai aturan tersebut, semua perusahaan yang masih menawarkan layanan tukar Bitcoin harus mengentikannya paling lambat pada Tahun Baru China; liburan satu pekan yang dimulai tanggal 31 Januari 2014.

Selain faktor kriminal via Bitcoin, nilai tukar uang digital tersebut juga sangat fluktuatif sehingga dikhawatirkan akan merugikan pemilik. Sebagai contoh, pekan lalu nilai tukar 1 Bitcoin secara cepat melesat ke $1000 sementara di China, 1 Bitcoin merosot ke angka 3.251 yuan atau sekitar AS$535 dan melesat kembali dalam hitungan jam menjadi 4.155 yuan (17 Des). Kemerosotan nilai tukar Bitcoin di China tersebut tak lain dipicu keputusan Bank Sentral China yang memerintahkan penutupan layanan tukar Bitcoin.
Jika Anda menjadi salah satu pengguna uang digital Bitcoin, waspadalah…

Posting Komentar Blogger

 
Top