DwiCORP.

0
Mini Board $20 Ini Mampu Bobol Sistem Pengamanan Mobil Modern Dalam Waktu Kurang Dari 5 Menit

Setelah menghabiskan uang ratusan juta atau bahkan mungkin miliaran untuk sebuah mobil yang telah terkomputerisasi, apakah Anda pikir mobil tersebut bakal lebih aman dari incaran para kriminal? Tidak juga; dalam persiapannya untuk mengikuti konferensi Black Hat di Singapura bulan depan, sepasang ahli pengamanan asal Spanyol yaitu Javier Vazquez-Vidal dan Alberto Garcia Illera mengumumkan sebuah perangkat kecil seukuran tangan yang bisa digunakan untuk membobol pengamanan mobil modern.
Perangkat ini bisa dirakit sendiri dengan komponen-komponen yang banyak dijual secara bebas di toko-toko elektronik, dan total biaya perakitannya tidak sampai $20. Hebatnya, perangkat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melumpuhkan sistem pengamanan mobil, dan selanjutnya terserah si pengguna.
Perangkat ini dijuluki sebagai CAN Hacking Tool, karena dirancang untuk menyerang sistem Controller Area Network di dalam mobil modern. Kemampuannya juga tergantung pada jenis mobil yang akan di-hack; ketika diujicobakan pada 4 jenis mobil (yang tak disebutkan merknya), perangkat ini mampu mengendalikan lampu, mematikan alarm, mengendalikan power window, juga mengaktifkan rem mobil. Semua kemampuan tersebut dijalankan secara wireless. Menyeramkan sekali bukan?
Tim ini masih memiliki waktu 1 bulan sebelum pelaksanaan konferensi, dan dalam kurun waktu yang ada mereka berharap bisa menghasilkan sebuah prototype yang menggunakan jaringan GSM, dan nantinya akan memungkinkan mereka untuk mengendalikan mobil dari manapun.
Vidal mengatakan bahwa studi ini ditujukan bukan untuk mendorong atau membantu aktivitas kriminal, dan mereka akan menyimpan source code dari CAN Hacking Tool secara rahasia. Keduanya berharap agar demo di konferensi Black Hat Asia akan menarik perhatian para produsen mobil yang akan lebih peduli pada sistem pengamanan mobil yang mereka buat.

Posting Komentar Blogger

 
Top